Apakah Anda Sudah Tahu 4 Manfaat Dari Apotek Online?

Jika dilihat secara sekilas, tampaknya layanan yang diberikan oleh apotek online tidak akan membuat banyak perbedaan dengan apotek fisik. Bagaimanapun, dokter Anda tidak akan mengubah resep Anda berdasarkan apakah resep tersebut dikirim ke rumah Anda atau jika Anda berkendara ke toko obat atau apotek untuk mengambilnya. Jadi semuanya sama, bukan? Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa semakin banyak penelitian yang menunjukkan sejumlah cara di mana pasien mendapat manfaat dari layanan tebus resep online dan pengiriman obat apotek, terutama bila hal itu dimasukkan sebagai bagian dari program pengelolaan pengobatan yang komprehensif.

Mari kita lihat empat keuntungan penting yang merupakan angin segar bagi siapa saja yang menggunakan banyak obat untuk satu atau lebih kondisi kronis:

# 1: KEPATUHAN PADA PENGOBATAN

Meminum semua obat Anda dengan benar – juga disebut kepatuhan – bisa lebih sulit jika Anda mendapat beberapa resep, dan masing-masing datang dengan rangkaian petunjuknya sendiri.

Membeli semua obat Anda secara terpisah di toko obat fisik bisa menambah kerumitan itu.

Tetapi anggaplah obat Anda dikirim langsung ke rumah Anda, sudah diolah menjadi satu paket, diatur menurut hari dan waktu, dan dengan instruksi yang jelas untuk meminumnya dengan benar. Maka prosesnya akan menjadi lebih mudah.

– Sebuah studi yang dipresentasikan pada Konferensi Stroke Internasional 2016 mengamati hampir 100.000 pasien setelah keluar dari rumah sakit antara tahun 2006 dan 2015. Secara keseluruhan, pasien yang menerima pengobatan melalui apotek online mencapai 74% dalam waktu yang ditentukan, sedangkan mereka yang menggunakan apotek tradisional hanya sebesar 47%.

– Sebuah studi terpisah dari tahun 2010 telah menemukan hasil yang serupa untuk pasien diabetes – mereka yang menerima pengobatan melalui pengiriman langsung ke rumah lebih cenderung memiliki kepatuhan yang baik daripada mereka yang membeli obat secara terpisah dari apotek tradisional.

# 2: AKURASI PENGOBATAN YANG LEBIH BESAR

Layanan pengiriman apotek sering kali menggunakan teknologi komputer canggih untuk memastikan bahwa resep Anda diberikan dengan benar.

– Pengiriman apotek biasanya lebih akurat dari toko obat biasa.
– Satu studi menemukan bahwa meskipun tingkat kesalahan toko obat adalah sekitar 1 dari setiap 50 resep yang diisi (atau 1,72%), tingkat kesalahan untuk pemberian obat dari apotek online kurang dari 1 dalam 1.000 resep (atau hanya 0,075%).

Dengan layanan manajemen pengobatan yang mencakup pengiriman obat ke rumah, Anda dapat merasa yakin bahwa Anda akan mendapatkan obat, dosis, dan cara mengkonsumsi yang tepat. Ini dapat mengurangi risiko reaksi berbahaya dan rawat inap.

# 3: EFISIENSI YANG LEBIH BESAR

Manfaat lain menggunakan teknologi komputer canggih dan alat pengeluaran robotik adalah efisiensi yang lebih besar selama proses manajemen pengobatan.

Dibandingkan dengan apotek tradisional, apotek online meningkatkan efisiensi pasien dalam beberapa cara:

– Dapat menampung resep dalam jumlah yang lebih besar
– Kualitas ditingkatkan
– Pengurangan biaya tebus resep untuk obat
– Apoteker dapat fokus pada kebutuhan klinis pasien daripada menghitung pil
– Dapat menghasilkan penghematan potensial bagi pasien

# 4: MENGURANGI SAMPAH MEDIS

Obat-obatan yang tidak terpakai akan menjadi limbah medis – dengan konsekuensi finansial, kesehatan, dan lingkungan yang serius.

Misalnya, kontaminasi obat-obatan telah ditemukan dalam air minum di banyak komunitas di seluruh negeri.

Tetapi pengiriman obat ke rumah – dalam jumlah dan dosis yang tepat – mengurangi risiko pil yang tidak terpakai dibuang ke tempat pembuangan sampah atau persediaan air kita.

– Sebuah studi tahun 2013 oleh Kantor Inspektur Jenderal Departemen Pertahanan menemukan banyak manfaat dengan adanya pemberian obat-obatan secara online kepada personel militer, veteran, dan keluarga mereka. Satu manfaat yang dikutip dalam penelitian ini adalah lebih sedikit pemborosan akibat dari resep yang tidak digunakan.

– Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa obat kolesterol yang dipesan melalui online cenderung tidak sia-sia dibandingkan obat yang sama persis yang dibeli di apotek tradisional.